​Buku “Yang Muda Bercinta,Yang Tua Bertobat” Sebuah Renungan “Praktis” Ini Ceritranya…

    SEBUAH Buku karya H. Mugeni, SH.MH, berjudul “Yang Muda Bercinta, Yang Tua Bertobat” setebal 209 halaman yang dicetak medio awal April 2017 dan secara gratis disuguhkan kepada para undangan pada acara resepsi pernikahan putrinya Azhra Aisyadilla Ahmadiham, SKM, dengan Muhammad Febrian Al Isra, SKM,Minggu (23/4/2017) di Pangkalan Bun.

    Tinjauan penulis, merupakan sebuah buku renungan praktis, yang tutur kata dan kalimatnya enak dibaca dan dicerna. Dalam Bukunya, dari 51 judul fenomena dan terakhir ke 52 fenomena kehidupan sehari-hari manusia, H. Mugeni, menorehkan judul “Yang Muda Bercinta, Yang Tua Bertobat” tinjauan penulis adalah merupakan akhir klimaks dari 51 judul, yang membeberkan betapa banyaknya fenomena sehari-hari kehidupan manusia,yang perlu kita renungkan,agar hidup kita selalu dijalan yang benar dan diridoi Allah SWT.

    “Yang Muda Bercinta, Yang Tua Bertobat,begitulah fenomena umumnya yang kita ketahui. Anak muda itu identik atau diindentikan dengan dunia hura-hura, glamour dan hidup dalam kotak Life Stule Hedonism” kata H. Mugeni, dalam bukunya.

    “Anak-anak muda sepertinya diidentikan dengan dunia “pemberontakan” alias tidak mau diatur-atur dan asyik asoy bercinta dengan dunianya sendiri. Sementara orangtua, pada umumnya, diidentikan dengan orang-orang yang taat beribadah orang-orang bertobat,” masih kata H. Mugeni dalam bukunya.

    Pengamatan penulis, memang H. Mugeni itu,luar biasa, karena disela-sela kesibukannya menjadi pejabat Eselon II di Provinsi Kalteng, yang bulan Oktober 2016 lalu dilantik Gubernur Kalteng H.Sl Sugianto Sabran, menjadi Pj.Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), masih bisa meluangkan waktunya, untuk mengarang dan menulis buku.

    Bahkan, yang belum tahu tidak akan menyangka dibalik sososk wajah Mugeni, yang kalem, lungguh dan lembah-lembut itu,ternyata berjiwa sebagai pekerja keras dan ulet, serta banyak menyimpan berbagai gagasan (ide) baru yang cemerlang, diantaranya pengarang, menulis buku.

    Seperti Buku berjudul “Yang Muda Bercinta, Yang Tua Bertobat”, (YMB-YTB), telah menghasilkan 52 judul, yang semua judulnya ditulis cera apik dan menarik, untuk menjadi bahan renungan para pembacanya.

    Dari 52 judul, tinjauan penulis ada beberapa judul yang lebih menarik, selain judul YMB-YTB,yakni antara lain Judul “Menyenangkan Orang Lain (1) dan (2) pada halaman 1,3.Dan judul “Membangun Citra Positif untuk Meraih Sukses” (hal.33), ”Bu, Belikan Saya Buku”,(hl.85) ”Masalah Hidup dan Kegagalan” (hal.88),”Jabatan Itu Amanan dan Sementara”, (hal 123), ”Tebarkan Seyum Tebarkan Salam”,(hal.180),”Nasib Pangkat dan Jabatan” (hal.184).

    Beberapa judul buku kalau penulis jabarkan, mungkin terlalu panjang. Singkatnya saja, untuk lebih mengetahui semua isi judul buku tersebut, H.Mugeni, SH.MH, dalam biografinya pada halaman 209, telah memberikan sinyal, dengan kalimat.

    Penulis dapat dihubungi melalui e-mail :
    mugeni.kalteng@gmail.com. Maka bagi mereka yang berminat memiliki Buku tersebut hubungi saja, melalui e-mail.

    (Maman Wiharja). Penulis wartawan senior tinggal di Pangkalan Bun.