​Yuk…! Mancing Ikan Dilaut Ujung Pandaran 

    SAMPIT – Bagi para club pemancing mania dilaut lepas tentu banyak perhitungan dalam melakukan pemancingan ikan -ikan dilaut sekitar.

    Mestinya musim perhitungan bulan Maret kemaren.Tapi sekarang sulit ditebak karena faktor alam dan juga perubahan arah mata angin yang tak menentu. Akhirnya musim ikan dilautpun turut bergeser hingga pertengah bulan ini.

    Hal itubdikatakan Ketua Samuda Club Fhising Club (SFC), Suriansyah yang akrab disapa Tuwi mengatakan, sebenarnya musim ikan bulan maret. Karena faktor alam sehingga bertandar kebulan April ini.

    “Biasanya musim ikan laut bulan maret. Sekarang bergeser ke bulan April baru musim. Ini sudah ramai musim ikan dilaut,” ucapnya kepada awak beritasampit.co.id, Senin,(24/4/2017).

    Dia menuturkan, jarak dari bibir pantai menuju spot -spot ikan paling jauh sekitar 5 – 10 mil dengan menggunakan klotok nelayan. Kalau satu mil perbandingannya katanya, sekitar 1,8 kilometer, kalau kita genapkan saja rata-rata 2 kilometer dalam satu mil berarti paling jauh sekitar 10 kilometer sudah menemui spot -spot ikan di laut itu, katanya.

    Namun ada juga jarak yang sangat dekat sekitar satu mil juga banyak titik -titik kumpulan-kumpulan ikan berada didalamnya, ujarnya.

    Menurut Tuwi, sejak beberapa tahun kawasan laut pantai Ujung Pandaran, KecamatanTeluk Sampit sebagai wilayah yang sering ia kunjungi setiap musim ikan bersama anggotanya SFC. Banyak manfaat dan kesenangan didapatkan dari macing dilaut lepas itu.

    Selain panorama pantainya yang indah demikian pula perairannya masih alami yang kaya akan terumbu karang didalamnya hingga banyak spot -spot mancing potensial untuk melakukan Strike.

    Sebagai group pemancing SFC diwilayahnya melakukan troling, barang tentu banyak spot – spot yang sudah diketahui.” Sekali melabuhkan alat pancing tak seberapa lama langsung strike pertama ikan tenggiri,” ujarnya senang.

    Sama halnya yang dilakukan dua rekan temannya dalam satu perhau klotok melakukan strike juga mendapatkan ikan tenggiri. ” Begitu alat pancing dilabuh kedasar laut mata kail langsung diembatnya, strike yang kita lakukan penuh perlawanan yang luar biasa serunya,” katanya.

    Ditambahkannya, adapun jenis ikan yang mereka dapatkan sebutnya yakni, tenggiri, kakap merah, kakap putih, senangin, tropolo, barakuda, telang dan tongkol,” tandasnya.

    Ramainya musim ikan sekarang katanya, tentu menjadikan wilayah laut pantai Ujung Pandaran ini nantinya akan ramai dikunjungi para- para Club pemancing mania yang ingin merasakan sensasi musim ikan bulan April ini. ” Recananya, hari ini ada rekan club-club pemancing mania dari daerah lain seperti, club pemancing dari Sampit, Palangkaraya dan Banjarmasin,” ujarnya.

    (mar/beritasampit.co.id)