​Jelang Bulan Ramadhan PLN Rayon Pangkalan Bun “Bebersih” Pohon

    PANGKALAN BUN – Jelang Bulan Suci Ramadhan 1438 H – 2017, bukan saja kita umat Islam harus membersihkan diri.

    Tapi juga pihak PLN Rayon Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat juga sama ikut membersihkan sejumlah pohon besar yang tumbuh disepanjang jalan raya, karena pohon tersebut sangat menggangu terhadap lancarnya arus jaringan listrik.

    Pantauan beritasampit.co.id, Selasa (16/5/2017) karena ada ‘bebersih’ pohon disepanjang Jl.HM. Rafii, aliran listrik sekitar 1 jam terpaksa mati.

    “Hanya sebentar saja matinya, sekitar satu jaman karena kalau tidak dimatikan bisa bahaya bagi petugas dan jaringan kabelnya,” ujar Edy Julie Purba Suverpisor Teknis PLN Rayon Pangkalan Bun saat dikonfirmasi beritasmpit.co.id

    Terpisah, Drie Alsi Laksana mengatakan,jelang bulan Ramadhan mudah-mudahan aliran Lsitrik PLN normal tidak ada gangguan. “Walaupun banyak acara lainnya di bulan ramadhan, tidak ada masalah beban puncak listrik tetap normal,” ungkap Drie Alsi Laksana.

    Menurutnya, fenomena yang terjadi saat Ramadan setiap tahunnya adalah pergeseran beban puncak saja.

    “Berdasarkan data tahun lalu, yang terjadi hanya pergeseran beban puncak pemakaian listrik. Bila sebelum Ramadan beban puncak pada malam hari terjadi pada pukul 18.00-19.00 WIB, maka pada bulan Ramadan beban puncak terjadi pada pukul 19.00-20.00 WIB. Kemudian beban puncak listrik bakal terjadi lagi sekitar pukul 03.00- 05.00 WIB pagi.

    Dijelaskannya, kondisi ini terjadi sampai dengan minggu ketiga bulan Ramadan. Setelah itu beban lisrik mulai turun. “Kami menduga lantaran banyak warga pangkalan Bun dan sekitarnya yang mudik lebaran,” jelasnya.

    Ditambahkan Drie, sekitar seminggu usai lebaran penggunaan listik kembali normal. Sekedar diketahui, daya mampu listrik PLN rayon Pangkalan Bun saat ini mencapai 29,55 megawatt (MW). Kemudian untuk beban puncak rata-rata 26 sd 29 MW.

    “Kami, mohon bantuannya dari masyarakat,apa bila ditemukan pohon yang sudah mengganggu kabel jaringan, atau melihat tiang listrik miring,segera melaporkan ke petugas PLN, agar dibuan Ramadhan nanti,aliran listrik tidak mengalami gangguan,” beber Drie Alsi Laksana.

    (man/beritasampit.co.id)