Dishub Pulpis Ngaku Sibuk, Pemeriksaan Kelayakan Kapal Feri Diambil Alih Satpolairud Polres Pulpis

    PULANG PISAU – Kegiatan pemeriksaan kelayakan kapal Feri Mintin yang dilaksanakan Satuan Polisi Perairan Polres Pulang Pisau yang bertujuan untuk menciptakan suatu KAMTIBMAS di Wilayah Hukum Polres Pulang Pisau, Senin (8/5/17).

    Dari hasil kegiatan tersebut, diproleh data bahwa sebagian besar kapal feri tidak memiliki alat kelengkapan keselamatan penumpang seperti jaket pelampung, alat pemadam kebakaran dan kotak P3K.

    “Alat tersebut seharusnya tersedia atau wajib berada diatas kapal disaat berlayar,”ucap Kepala Satuan Polisi Perairan, AKP Frans Rahail.

    Tak hanya itu, kegiatan tersebut selain untuk HARKAMTIBMAS diperairan juga untuk mengantisipasi situasi menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

    “Saya mengharapkan pada saat hari Raya Idul Fitri semua angkutan sungai  yang ada diwilayah Satpolairud Polres Pulpis dapat memenuhi Standar Operasional,”tegasnya.

    Lanjutnya, kegiatan tersebut seharusnya juga merupakan giat sinergitas antara Instansi terkait. Namun, karena instansi lainya masih sibuk sehingga sebagai penanggung jawab HARKAMTIBMAS Satpolairud mengambil tindakan demi keselamatan orang banyak.

    “Kegiatan ini akan kami tindak lanjuti dengan hukum dalam waktu yang akan ditentukan dengan tujuan menyadarkan pemilik kapal agar dapat menyadari tanggung jawab terhadap penumpang,”tutup Frans. (pra/beritasampit.co.id)