Hutan Desa Sumber Ekonomi Masyarakat

    PULANG PISAU – Keberadaan Hutan Desa di 4 Wilayah Pedesan dan 1 kelurahan di Pulang Pisau, yakni Desa Gohong, Desa Mintin, Desa Mantaren dan Kelurahan Kalawa diharapkan pengelolaannya bisa bersinergi sehingga jadi sumber ekonomi masyarakat sekitar. Harapan tersebut disampaikan Damang Pulang Pisau, Darius A Kung. Menurutnya selama ini potensi untuk mensejahterakan masyarakat terdapat dalam desa jika dikelola secara serius.
    “Jadi Hutan Desa selama ini menjadi penopang hidup masyarakat Desa. Ada yang berladang ada yang berkebun disekitar desa. Bahkan dulu dihutan desa itu banyak. Juga yang mencari ikan, cuma memang kearifan lokal yang digunakan sehingga tidak mengganggu ekosistem didalam Desa tersebut,” Ujar Damang Darius A Kung.
    Menurut Darius, agar Hutan Desa bisa tetap terjaga dan lestari. Maka keberadaannya harus mensejahterakan kehidupan pengelola dan masyarakat desanya. Untuk itu perlu dukungan dan bimbingan dari pemerintah Daerah bagaimana mengedukasi pengelolanya. Pemerintah dikatakan Darius selama ini justru harus berterima kasih pada pengelola Desa karena selama ini sudah menjaga keberadaan Hutan Desa tetap lestari.
    “Pengelola Hutan Desa selama ini berperan dalam menghalau api saat musim kemarau. Begitu juga dalam menangkal aktifitas pembalakan liar, kalau tidak ada Pengelolanya bisa rusak hutan kita. Pemerintah Daerah kedepan kita harap bisa memikirkan agar Hutan Desa bisa terintregrasi dengan usaha masyarakat,” tutupnya Damang Darius. (pra/beritasampit.co.id)