​Tingkatkan Integritas Sosial Melalui BBGRM yang Adil dan Makmur

    NANGA BULIK – Dalam rangka memperkuat kesadaran bersama terhadap pergeseran arah kebijakan pembangunan nasional pada era otonomi daerah, dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

    Disamping itu juga diperlukan semangat kebersamaan yang didukung kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesadaran dari seluruh pelaku pembangunan.

    Oleh karena itu, Desa Mekar Mulya Kecamatan Sematu Jaya, Rabu (26/04), melaksanakan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di halaman kantor desa setempat.

    “Karena, peringatan BBGRM dalam berbagai bidang pembangunan diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan,” ungkap Turmudi, Camat Sematu Jaya pada saat sambutannya, (26/4/2017).

    Lanjutnya, tujuan dan sasaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan BBGRM ini adalah meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat dalam pemberdayaan untuk kebersamaan.

    Kekeluargaan dan kegotong-royongan dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong juga diperlukan guna mencapai masyarakat adil dan makmur, menuju masyarakat yang madani.

    “Tahun ini temanya adalah ‘Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan, Gerak PKK dan hari keluarga Kita daya gunakan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa,” ucap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) kabupaten Lamandau, Muriadi saat membacakan sambutan bupati Lamandau, Ir. Marukan.

    Sementara dalam acara memperingati BBGRM XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 dan hari keluarga ke 24 tersebut juga dihadiri oleh seluruh kepala desa se kecamatan Sematu Jaya, penggerak PKK, Wakil ketua DPRD Lamandau dan Anggota.

    Pada kesempatan tersebut, Muriadi mengatakan, gerakan BBGRM merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan dan gotong royong dalam penguatan integritas sosial menuju masyarakat sejahtera adil dan makmur.

    “Program pembangunan harus bersinergi dengan aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat, para lurah harus mengajak masyarakat untuk berpatisipasi aktif sesuai bidang kegiatan yang dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

    Menurut hasil pantauan, kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan pengembangan pemberdayaan yang diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan.

    Kegiatan diwarnai penyerahan peralatan kebersihan simbolis kepada kepala desa se kecamatan Sematu Jaya dan penggerak PKK.

    “Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan kepedulian dan peran aktif lembaga kemasyarakatan yang ada di desa serta dapat meningkatkan kemitraan antara semua elemen masyarakat dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan semua ini,” harap Muriadi.

    (cipt. beritasampit.co.id)