​Diterpa Banjir, Akses Jalan Darat Menuju Desa Juking Panjang Terputus 

    PURUK CAHU – Satu-satunya akses jalan darat menuju Desa Juking Pajang, Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya, terputus dikarenakan banjir (24/04/2017).

    Sejatinya, Desa Juking Panjang selalu menjadi langganan utama setiap terjadinya bencana banjir. Poros jalan darat yang menghubungkan kota Purukcl Cahu dengan desa tersebut terputus total bagi pengendara bermotor.

    Tingginya debit air yang menenggelamkan akses jalan Desa Juking Pajang, sudah mencapai 3 meter. Oleh karena itu, para pengendara motor maupun warga desa untuk menuju wikayaj itu ataupun sebaliknya saat ini harus menggunakan perahu warga sekitar dengan tarif tertentu.

    Salah satu warga setempat yang memiliki perahu penyebrangan Dalduansyah mengatakan dengan adanya banjir yang memutus akses jalan antara Desa Juking Pajang dan kota Puruk Cahu, pihaknya menerapkan jasa penyebrangan menggunakan perahu dengan tarif untuk 1 buah sepeda motor Rp 10 ribu.

    “Untuk warga yang mau ke desa, kami minta tarif sukarela per orang untuk membantu sesama warga,” terang Dalduansyah. Sampai berita ini diturunkan masih belum ada upaya bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya untuk akses perahu penyebrangan bagi warga desa setempat.

    “Saat ini emang belum ada bantuan dari BPBD. karena warga belum ada yang melapor terkait bencana banjir ini” tambahnya.

    (rn/beritasampit.co.id)