​Seniman Unik Abah Jagur Berkarya Seni 3 Dimensi Dari “Mimpi”

    PANGKALAN BUN – Dedi Suhendi (99) yang nanti tahun 2018, genap berusia 100 tahun, kelahiran Garut-Jawa Barat, boleh dikatakan satu-satunya seniman unik di Pangkalan Bun, bahkan mungkin di Provinsi Kalteng.

    Uniknya Seniman Dedi Suhendi, yang juga sering disapa Abah Jagur,yang hanya mengenyam Sekolah Rakyat (SR) (Sekarang SD), awal monorehkan karya seni 3 dimnesinya, atas dasar dari sebuah ‘mimpi’ yang dibarengi oleh ‘Ilafat’ (petunjuk) dalam mimpinya.Karena dia dulunya sering bertapa, ditempat-tempat keramat di Garut.

    Buah karya seninya,hasil petunjuk dari mimpi itulah kini Abah Jagur bisa mengembangkan beberapa bentuk karya seni 3 dimesi, yang unik.

    “Karya seni saya, dari hasil mimpi dibuat sedemikian rupa, apa adanya saat dilihat dalam mimpi, seperti ada bentuk bukit/guha, batang pohon besar, akar, binatang, dan lain sebagainya.Setelah jadi ternyata,kata orang lain bagus dan unik.Akhirnya saya kembangkan menjadi bentuk-bentuk seni ini”,aku Abah Jagur,sambil menunjukan beberapa buah karya seninya yang kebanyakan 3 dimensi,kepada beritasampit.co.id, Sabtu (22/4/2017)

    Abah Jagur,juga selain membuat karya seni 3 dimensi,juga membuat sejumlah hiasan dinding dan kalung-kalung.Semua bahan baku karya seni 3 dimensinya, dari kayu, kerang,akar-akaran, tulang, yang direkat dengan serbuk kayu sama lem.

    “Hasil karya saya ini,belum begitu banyak.Nanti kalau sudah banyak mudah-mudahan ada yang bisa membantu memasarkannya,atau membuat pameran di Pangkalan Bun atau di kotamana saja di Provinsi Kalteng,” ungkap Abah Jagur.

    (man/beritasampit.co.id)