​Legislator Tegaskan Setiap Perusahaan Harus Taati Perda Tenaga Kerja Lokal

382
19 April 2017 - 22:57 WIB
Foto : Dadng H Syamsu saat meninjau kegiatan tenaga kerja yang sedang bekerja di Pelabuhan PT. SSM Bagendang.
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Dadang H Syamsu, meminta perusahaan besar di Kotim dapat mentaati peraturan daerah (Perda) dalam hal perekrutan tenaga kerja lokal.

Sebab, banyaknya keluhan masyarakat lokal yang merasa kurang diberdayakan dan sulit dalam mencari pekerjaan diwilayah mereka sendiri.

Pada saat melakukan monitorin di salah satu pelabuhan perusahaan PT. Sukajadi Sawit Mekar (PT.SSM) yang beradai di Bagendang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Pada Rabu, 19 April 2017, Dadang sapaannya, meminta pihak perusahaan agar mentaati dan menjalankan perda No. 3 tahun 2016 tentan tenaga kerja lokal.

Baca Juga:   ​Bangunan Puskesmas di Kotim Sebagian Ada yang Rusak, Anggota DPRD Ini Prihatin

“Saya harapka disini PT. SSM dapat menjalankan peraturan terkait tenaga kerja local, yaitu Perda No. 3 tahun 2016,” ujar Dadang sambil disimak oleh beberapa pihak perusahaan.

“Dari perda tersebut mengharuskan perusahaan dapat merekrut tenaga kerja local minimal 50 persen dari tenaga kerja yang ada, dalam jangka 10 tahun. Dan diwajibkan memberikan pelatihan ketenaga kerjaan yang berbasis kerakter,” jelasnya.

Setelah mendengar penjelasan Dadng terkait perda tenaga kerja local, PT. SSM ternyata sudah memenuhi peraturan tersebut.

Sebab, sudah mempekerjakan 75 persen tenaga kerja local di Kotim sampai pada saat ini, hal tersebut membuat Dadng memberikan apresiasi dan supaya menjadi contoh buat perusaan lainnya.

Baca Juga:   Laporan APBDes Banyak Molor, Dewan Segera Panggil SKPD Terkait

“Sungguh luar biasa PT.SSM, sudah sesuai prosedur akan tetapi perlu perhatian terkait pelatihannya, itu bisa di adakan oleh pihak pemberi kerja dalam artian perusaan bersangkutan ataupun dari pemerintah daerah, sesuai tekhnisnya, sehingga PT. SSM bisa jadi percontohan perusahaan besar lainnya di Kotim ini,” pungkasnya.

(fzl/beritasampit.co.id)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Komentar Facebook

comments