​Dimana Janji Pemerintah Untuk Membayar Gaji Guru Honorer ?

    KUALA KAPUAS – Dewan Pendidikan Kabupaten Kapuas mendesak agar pembayaran gaji guru honorer tingkat SMA/SMK secepatnya dapat dibayarkan. Pasalnya kurang lebih 3 bulan guru honor SMA/SMK yang ada di Kabupaten Kapuas mengajar tanpa menerima gaji.

    Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Kapuas, Teguh Prasetya Madjan, meminta agar pihak yang telah menjanjikan untuk memberikan gaji guru honorer SMA/SMK untuk secepatnya merealisasikan pembayaran gaji guru tersebut.

    “Kami dari Dewan Pendidikan mendesak kepada pihak-pihak yang terkait untuk secepatnya membayar gaji guru honorer ini, karena mereka telah menandatangi kontrak, masa tidak dibayar,” kata Teguh saat diwawancarai beritasampit.co.id, Sabtu (8/4/2017).

    Karena lanjutnya, permasalahan gaji guru honorer tersebut tidak hanya berkaitan dengan konteks pekerjaan, akan tetapi juga berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia.

    “Ya minimal untuk kebutuhan sandang dan pangan lah. Kalau tidak di gaji ya gimana mereka makan ? Kasihan kan jika masih bergantung dengan orang lain. Belum lagi masalah biaya transportasi, perlengkapan mengajar dan lain sebagainya,” ungkapnya.

    Yang lebih parahnya lagi, tambah Teguh, ada Kepala Sekolah yang rela jika guru honornya tidak sanggup dengan kondisi demikian, katanya dipersilahkan untuk berhenti.

    “Hal itu menurut saya sangat menyakitkan, bagaimana tidak, mereka sudah mengajar selama bertahun-tahun, seharusnya kita bersama-sama untuk mencari solusi terkait permasalahan ini,” tegasnya.

    Jadi kata Teguh, pihak sekolah tidak boleh menyerah, karena guru-guru honorer katanya yang sudah bertahun-tahun mengabdi, telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

    “Sudah bertahun-tahun mereka mengabdi dengan upah yang tidak seberapa, bahkab jauh daru UMK, jadi ada hak mereka untuk dihargai, dihormati jasanya, dihormati kepentingan pribadi dan keluarganya serta hak mereka terkait karirnya,” ucap Teguh.

    Teguh mengharapkan, dengan jumlah ribuan guru honorer yang ada di Kabupaten Kapuas, agar secepatnya Pemerintah membayar gaji guru honor tersebut karena bersangkutan dengan hajat orang banyak.

    “Harapan saya selaku Wakil Ketua Dewan Pendidikan adalah agar pemerintah secepatnya menepati janjinya untuk secepatnya membayar semua gaji guru honorer,” pungkasnya.

    (hd/beritasampit co.id)