​Pendamping Lokal Desa Harus Aktif Berkunjung ke Desa

    SAMPIT – Dalam membantu proses perencanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan pengawalan kegiatan penggunaan dana desa, setidaknya perlu pendamping lokal desa yang selalu aktif hadir pada desa tersebut.

    Selain menyampaikan inpormasi tentang proses kegiatan pembangunan yang ada di desa. Disamping juga menumbuhkan partisipatif masyarakat dalam membantu program pembangunan yang ada dipemerintahan desa.

    Hal itu dikatakan pendamping lokal desa, Juhriansyah kepada beritasampit, Kamis (16/3/2017). Maksud dari tujuan pendamping, agar semua kegiatan pembangunan insfrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa turut serta. “Kita harus aktif sebagai pendamping desa. Membantu desa dalam hal perencanaan, pemberdayaan masyarakat dan pengawalan dana desa,” tandasnya.

    Ditambahkan, Juriansyah, kita mendapat tugas sebagai pendamping desa, setidaknya kita sendiri harus aktif, melihat apa saja yang diperlukan desa dalam perencanaannya. Makanya kita harus selalu aktif berkunjung kewilayah desa yang kita dampingi. “Ada empat desa yang kita dampingi yakni, desa Sei Ijum Raya, Sebamban, Samuda Besar dan Samusa Kecil yang setiap hari kita kunjungi,” katanya.

    Selama yang kita kawal sambung Juriansyah, proses perencanaan pembangunan sampai proses pelaksanaan pembangunan desa tersebut. “Agar pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai apa yang kita rencanakan,” ujarnya ketika berada di desa Sei Ijum Raya.

    (mar/beritasampit.co.id)