SMKN 1 Sampit Gelar Diklat Bela Negara

    SAMPIT – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sampit mengadakan Diklat Bela Negara. Kegiatan ini rutin dilaksanakan guna membentuk pendidikan yang akan dihasilkan sekolah, baik pendidikan karakter dan bela negara yang berperan aktif dalam membentuk sikap dan karakter suswa.

    Dalam kegiatan ini dilatih khusus oleh TNI Kodim 1015 Sampit, pukul 06.30 WIB, Selasa (28/2/2017). Joni irawan selaku pelatih atau pembina Diklat Bela Negara tersebut mengakui bahwa mereka diminta oleh SMK Negeri 1 Sampit selama 3 bulan untuk melakukan Diklat Bela Negara terhadap siswa disekolah itu.

    “Tujuan dari Diklat di SMK 1 Sampit ini, membentuk mental dan fisik siswa supaya jadi. Dengan materi PBB (Pelatihan Baris-Berbaris) dan senam pagi,” ujarnya kepada beritasampit. Disamping memberi materi lanjut Joni, pihaknya juga memberi motivasi dan memberi pandangan hidup kepada siswa siswi.

    “Maksudnya kita memberi pandangan diluaran sana, karna diluaran sana masih banyak orang-orang yang ingin sekolah namun tidak bisa bersekolah sebagai mana mestinya. Itulah yang harus jadi semangat mereka,” ucap Joni.

    Kepala Sekolah SMKN 1 Lismayani juga mengungkapkan hal yang sama bahwa mereka juga tidak lepas mempelajari dari Undang-Undang pendidikan dari Bela negara.

    “Jadi kita belajar dari pengalaman sewaktu studi banding, ke pulau jawa dan melihat sekolah sekolah yang melaksanakan bela negara atau pendidikan karakter agar anak-anak dari SMK menumbuhkan karakter, disiplin dan bertanggung jawab. Makanya kami bekerjasama dengan Kodim 1015 Sampit untuk memberikan pendidikan dasar Bela Negara ini,”ungkapnya. (jmy/beritasampit.co.id)