Freddy : Hasil Kunker Akan Disampaikan ke Gubernur

    PALANGKA RAYA – Komisi A DPRD Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait masalah pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (APBD), hingga penggalian pendapatan daerah melalui pajak retribusi. 

    Ketua Komisi A DPRD Kalteng, Y. Freddy Ering mengatakan, kunjungan ke Jawa Tengah untuk melakukan kaji banding ke Pemprov Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang. Karena di Provinsi Jawa Tengah ada banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran dan hasilnya nanti akan kita sampaikan kepada Gubernur Kalteng, Sugiabto Sabran.

    “Kunjungan kita kali ini untuk belajar sekaligus melakukan kaji banding dengan Provinsi yang sudah matang khususnya dalam hal pengelolaan keuangan, pendapatan daerah, dan penggalian pendapatan melalui pajak. Bahkan tidak hanya itu, kita juga melihat bagaimana pelayanan pemerintah Jateng, agar target-target pajak tercapai, kemudian objek pajak mana saja termasuk regulasinya serta kemudahan pembayaran wajib pajak,” ucapnya, kamis (23/2/2017).

    Keseriusan dan komitmen pihak Pemprov Jateng maupun Pemkot Semarang patut diacungi jempol, selain di bidang Pemerintahan, sangat banyak peluang bisnis dibidang ekonomi sehingga hal ini penting untuk menjadi perhatian Pemprov Kalteng untuk menjalin kerjasama dengan daerah-daerah yang telah dianggap mapan.

    “Provinsi Kalteng, hanya 30 persen dari Rp 4 triliun untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sedangkan Provinsi Jateng penyerapan PAD nya mencapai 50 persen dari Rp 23 triliun. Jadi kemandirian keuangan daerah dan kapasitas Fiscal Provinsi Jateng sangat bagus. Bahkan peluang bisnis di bidang ekonomi Jateng patut penjadi perhatian Pemprov Kalteng, agar bisa menjalin kerjasama dengan daerah yang lebih mapan,”ujarnya.(nt/beritasampit.co.id)