Demi Menyerap Aspirasi, Hamdhani Berikan Nomor HP Ke Petani

    PANGKALAN BUN – Catatan panjang tugas kerja Hamdhani Anggota DPR RI yang melakukan blusukan kesejumlah daerah di Kalimantan Tengah memantau realisasi program pertanian tahun 2016, menemukan ada kesan tersendiri dibenak para Ketua Kelompok Tani, demi menyerap aspirasi itu, Hamdhani pun memberikan nomor handphone dirinya kepada para petani.

    “Setelah saya memberikan arahan dalam pertemuan dengan para petani, pasti ada ketua kelompok tani yang minta nomor Hp saya. Tentu saya berikan kepada mereka, tujuannya agar ke depannya bisa mengetahui kegiatan petani dan apa sebenarnya yang mereka keluhkan,” ungkap Hamdhani, selasa (21/2/2017).

    Menurut Hamdhani, selama tahun 2016 telah banyak program pemerintah pusat yang diberikan kepada para petani melalui kelompok tani di Provinsi Kalteng, dari mulai benih dan Alsintan (Alat dan mesin pertanian).

    ”Bahkan program bantuan kredit petani, asuransi pendidikan, subsidi benih telah mulai digulirkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Provinsi Kalteng,”ujarnya.

    Dengan adanya kebijakan bantuan kredit dari pemerintah kepada petani, Hamdhani berharap para petani tidak lagi dibebankan dengan jaminan atau anggunan ketika meminjam uang untuk kepentingan pertanian. 

    Hamdhani juga mengimbau kepada seluruh Kepala Daerah di Kalteng, melalui dinas terkait agar bisa melakukan terobosan baru, sepeti membuka pendidikan tentang metode penerapan teknologi Alsintan.

    “Jangan sampai para kelompok tani saat diberi bantuan Alsintan, belum bisa menggunakannya. Karena saya sering mendengar laporan ada Alsintan yang disimpan di gudang tidak digunakan oleh petani akibat minimnya pengetahuan mereka,” tegasnya.

    Ditambahkan Hamdhani, Kementerian Pertanian pada tahun anggaran 2016 lalu telah mengucurkan dana pengadaan Alsintan sebesar Rp 4,6 trilliun, pembuatan Umbung dan DAM Rp 400 milyar, cetak sawah sekitar Rp 3,2 milliar dan untuk pengadaan pupuk Rp 30 trilliun. 

    “Mari kita mewujudkan bersama agar program pertanian dan pangan tahun 2017 di Provinsi Kalteng, lebih berhasil dan berkelanjutan,” tandas Hamdhani.

    (man/adv/beritasampit.co.id )