Endang Susilawati, Sosok Inspiratif Bagi Kaum Perempuan..Yuk Simak Ceritanya

    SIAPA yang tidak kenal dengan Endang Susilawati Isti Bupati Katingan yang belangkangan ini menjadi sorotan publik. Mimiliki wajah yang cantik, seorang politikus handal, karir yang cemerlang dan penyayang anak.

    Endang Susilawati S.Pd lahir di sebuah desa kecil desa Hampalam, 21 Januari 1983 lulusan SD desa Tewang Rangas, SMP 3 Tewang Sangalang Garing , SMU 4 Palangka Raya, Lulusan SI Universitas FGRI Fakultas PGSD Palangkaraya sekarang melanjutkan S2 di Universitas Palangkaraya.

    Baru terungkap ternyata sosok Endang Susilawati yang sekarang terkenal sebagai politikus ternyata dulunya mempunyai cita-cita ingin menjadi Guru, dirinya tidak pernah membayangkan menjadi anggota DPRD dulu 30 persen berkas perempuan hanya sebagai pelengkap , tapi karna ada keputasan MK tidak menggunakan nomor urut lagi tapi menggunakan rengking pada tahun 2009 dirinya dapat Rengking no 1 dari rival dipartainya sehingga diberi kesempatan untuk duduk di DPRD, adapun Motivasi awal maju menjadi Anggota Dewan karna prihatin pada kaum perempuan yang saat itu kurang diperhatikan oleh pemerintah.

    Endang Susilawati saat hadir diacara lomba mewarnai anak-anak

    “Alhamdulillah selama saya menjabat saya selalu menyuarakan agar organisasi keperempuanan diperhatikan seperti sekarang karna dari organisasi keperempuanan baik dari Muslim, Nasrani, Hindu Kaharingan dan Katholik meraka mempunyai hak yang sama”katanya.

    Dirinya seakan ingin mematahkan pradigma wanita dimata publik yang hanya dikenal sebagai “pelayan” Kasur, sumur dan dapur mungkin itu tidak berlaku untuk sosok Endang Susilawati. 

    “Ingin membuktikan bahwa perempuan juga bisa apa yang dilakukan kaum laki-laki, bahkan hal tersebut tidak hanya ucapan saja dirinya mencontohkan bahwa dirinya telah membuka usaha menengah kebawah dengan memberdayakan kaum perempuan seperti sekarang ini membuka toko jahitan pakaian” tuturnya.

    Wanita Karir seorang Politisi Muda yang sekarang menjabat wakil ketua I DPRD Katingan yang merupakan Isti Bupati Katingan Ahmad Yantenglie Mengiatkan kunci sukses pekerjaan adalah dengan tidak terlalu berambisi.

    “Setiap apa pekerjaan yang kita buat jangan terlalu berhayal (ambisi) ikuti saja arusnya dengan konsisten itu yang membuat saya hingga sekarang bisa seperti sekarang,”ucapnya.

    Sebagai Ketua TPKK, dia tidak sungkan turun langsung melihat aktivitas masyarakat seperti kerajinan ini

    Ditengah cobaan rumah tangga yang membelitnya hingga sekarang sosok Ny. Endang Susilawati tetap bisa tegar dan senyum.  

    “Paling tidak saya bisa memberi senyum agar orang disekitar saya merasa nyaman walaupun diri saya tidak mampu memberi bantuan yang lain”paparnya.

    Jiwa sosial yang tinggi serta kedekatanya pada masyarakat membuat dirinya menjadi Idola khususnya kaum perempuan dan para remaja putri. 

    “Saya lebih banyak menjaga dan memberi contoh dari seorang ibu dan anak-anak muda kita agar mandiri sekarang memang arah yang saya lakukan lebih banyak pada kaum perempuan”

    Dalam suatu kegiatan, Endang Susilawati tampil bermain bola menggunakan kebaya

    Dirinya lebih mengajak kaum perempuan memiliki keterampilan agar memiliki nilai ekonomis kelurga jangan berharap jadi  Pegawai Negri Sipil (PNS) atau mau jadi apa dulu,  yang pasti mereka punya keterampilan dulu. 

    Ditanyakan mengenai bagaimana tanggapan ibu Endang tentang dirinya yang disebut-sebut cantik, dirinya lebih banyak menganggap hal itu biasa saja dirinya menilai kecantikan itu relatif semua wanita itu cantik dan sifat orang-orang itu tidak bisa dibuat-buat. Mungkin mereka senang karna kita dekat dengan mereka tidak ada batasan antar jabatan dan kekelurgaan antara masyarakat kita itu mungkin yang membuat mereka senang dengan diri kita. 

    Hampir setiap pertemuan maupun kegiatan dirinya selalu menjadi perhatian kaum perempuan baik hanya sekedar jabat tangan,  foto hingga bicara tentang perasaan seorang wanita. 

    Suka tidak suka harus kita akui kepiyawaiannya (Endang Susilawati) dalam kancah Sosial baik dari Segi Kepemimpinan maupun dari segi Kinerja sosok seorang wanita sekarang tidak bisa diabaikan sebelah mata. 

    Bersambung… 

    (Kwt/beritasampit.co.id)