Sudah Saatnya Pasar Samuda Dipoles

    SAMPIT – Termakan usia, Pasar Umar Hasyim Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan kini mulai terlihat kusam. Pasar yang sudah berusia sekitar sepuluh tahun ini perlu dipoles lagi agar terlihat cantik dan rapi sehingga membuat pembeli senang berbelanja di tempat ini.

    Ketua Persatuan Pedagang Pasar Umar hasyim Samuda, H Darham, membenarkan pasar ini terlihat kusam. Selain banyak cat terkelupas, sebagian keramik juga mulai rusak sehingga cukup mengganggu keindahan pasar dan kenyamanan pembeli.

    “Saat musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) kecamatan, kami sudah mengusulkan perbaikan Pasar Umar Hasyim Samuda ini. Mudah-mudahan apa yang kami usulkan dapat terealilasi dengan cepat, agar pasar ini dapat menampilkan dan melayani masyarakat secara maksimal,” harap H. Darham, Rabu (18/2).

    Pantauan beritasampit.com, aktivitas di pasar tersebut cukup ramai. Namun dari luar cukup terlihat perlunya perawatan terhadap pasar yang letaknya berada di bantaran sungai tersebut agar lebih indah dan rapi.

    Informasinya, pasar ini sempat masuk nominasi pasar tradisional terbaik tingkat nasional pada 2012 lalu karena saat itu kondisi pasar sangat bagus. Perlu perhatian pemerintah agar pasar ini kembali menjadi kebanggaan masyarakat.

    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kotim, Mudjiono melalui Kepala Sub Bagian Umum dan Perencanaan, Nino Andria Yudhianto, yang memantau langsung kondisi pasar tersebut, mengatakan, secara visual memang perlu pembenahan secara berkala.

    “Kita coba membuat perencanaan untuk pasar ini kedepannya. Paling tidak cat dan beberapa bagian yang rusak ringan dapat kita ajukan dan dialokasikan pada anggaran perubahan tahun ini. Untuk penambahan fasilitas seperti penambahan lapak pedagang mungkin baru bisa masuk pada tahun 2016 mendatang,” ujarnya. (ris/180215/beritasampit.com)